LOADING

Type to search

Nasional Politik Teknologi Umum

Tersangka Ujaran kebencian hate speech di media social Facebook

Redaksi 24 Januari, 2018
Share

Probolinggo – Unggah ujaran kebencian pada Presiden Jokowi di Facebook, Warga Pilang di Ciduk Polisi. Satgas Cyber Crime Polres Probolinggo Kota menngkap Ahmad Junaedi (32) warga Jalan Kerinci Kelurahan Pilang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, terduga pelaku ujaran kebencian terhadap Pesiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui akun Facebook miliknya.

Tersangka merupakan pelaku ujaran kebencian di media social facebook. Kami melakukan penangkapan karena tersangka di dug melanggar Undang undang Informasi technologi dan Informasi, kata Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, kepada wartawan, Jum’at (19/1).

Kapolres Alfian mengatakan, Tim Satuan Reserse Kriminal khusus cyber Polres Kota Probolinggo menangkap tersangka di Jalan Kerinci Kelurahan Pilang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, Minggu (14/1) sekitar pukul 14.00 WIB.

Penangkapan itu berkaitan memem yang tersangka postingdi akun Facebook berupa gambar Presiden Jokowi yang terdapat tulisan PANGERAN NIPUNEGORO melalui akun miliknya, tandasnya .

Selain itu, tersangka memposting gambar-gambar ajah Presiden Joko Widodo di dalam Group facebook Pusat informasi Probolingggo yang dapat dibaca orang lain. Barang bukti yang berhasil disita berupa 1 unit HP, 1 buah baju gamis warna putih, 1 buah songkok warna hitam, dan 1 buah sarung warna coklat , ucap Kapolres Alfian.

Setelah penangkapan tersangka, Kapolresta Alfian berharap masyarakat mempercayakan penanganan kasus tersebut kepada Polres Probolinggo Kota dan tidak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan Hukum. “ Marilah kita menjaga bersama agar situasi Kamtibmas di Wilayah Polres Probolinggo Kota tetap Aman, Damai dan kondusif, pintanya.

Kepada Wartawan , tersangka mengaku menyebarkan meme-meme itu tujuannya, tak lain hanya untuk mengkritik kebijakan Pemerintah. Dia menyesal atas tindakan yang dilakukan dan berjanji tidak akan megulangi lagi. “ Saya Jera dan menyesal,” kata dia.

READ  Heboh Sumur dalam Sungai di Probolinggo

Atas tindakannya itu, polisi menjerat tersangka dengan Pasal 48 ayat(3) UU.RI No 19 Tahun 2016 tentng perubahan atas UU RI No 11 tahun 2006 tentang ITE Jo Pasal 27 ayat (3) UU RI No 11 Tahun 2008 tentang ITE atau Pasal 207 KUHP. Ancaman Hukuman maksimal 6 tahun penjara (mh)

Tags:

You Might also Like